Tips Memilih Kompor Gas Berkualitas untuk Anak Kos

flame-580342_1280

 

Menjadi anak kos, tentu butuh kemandirian. Beres-beres kamar sendiri, mencuci dan setrika baju sendiri, hingga memasak pun sendiri. Kayak lagu dangdut yaa, masak-masak sendiri, cuci baju sendiri, hobaaahhhhh haha..

 

Bicara soal masak, pastinya butuh peralatan, salah satunya kompor. Pada dasarnya ada 2 jenis kompor yaitu kompor dengan 2 tungku dan kompor dengan 1 tungku. Harga kompor gas 1 tungku hanya seratusan ribu rupiah, dan cocok pergunakan di kos ataupun di kontrakan. Selain harus mempertimbangkan harganya, untuk memilih jenis kompor 1 tungku yang tepat, kamu harus memperhatikan point penting berikut ini.

Pertama adalah garansi
Pastikan jika kamu membeli kompor yang baru sehingga kondisinya masih bagus dan tidak ada kerusakan misalnya kebocoran di bagian tertentu. Kompor baru sebaiknya memiliki garansi walaupun hanya 1 bulan. Hal ini disebabkan karena bisa saja kompor tersebut rusak saat digunakan, misalnya di bagian tungkunya yang bengkok sehingga membuat peralatan masak menjadi tidak stabil saat diletakkan. Jika ada garansi, kamu bisa menukarkan kompor tersebut dengan yang baru.

Kedua adalah pilih jenis kompor yang mudah untuk dibersihkan
Saat menggunakan kompor, tentunya kamu akan mendapati kompor tersebut kotor apalagi jika sering dipergunakan. Jika kompor tidak rutin dibersihkan maka akan menyebabkan api terhambat dan bahkan kompor akan mudah rusak, misalnya di bagian dalam kompor yang rentan keropos. Kebersihan alat masak juga akan berpengaruh pada mood kamu untuk memasak dan berpengaruh pada rasa masakan. Jadi, pastikan kamu memilih jenis alat masakan dengan harga kompor gas 1 tungku yang terjangkau, dan bersihkan kompor secara rutin.

Ketiga adalah pilih yang memiliki komponen yang baik
Misalnya di bagian selang. Kualitas komponen yang baik akan bersangkutan dan mempengaruhi keawetan dari kompor gas. Jika komponen yang dipergunakan kurang bagus maka bisa jadi kamu akan membeli kompor gas lagi karena yang kamu pergunakan sudah rusak, walaupun hanya dipergunakan dalam jangka waktu yang pendek.

Keempat adalah fitur
Pilih jenis kompor gas yang menawarkan fitur keselamatan yang baik. Sudah banyak kasus kecelakaan yang disebabkan karena kompor gas yang meledak misalnya yang disebabkan karena selang yang tidak terpasang dengan baik atau yang mudah keropos. Karena hal tersebut, pilih jenis kompor yang memiliki fitur keamanan yang tinggi sehingga tidak hanya aman untuk kamu namun juga aman untuk orang lain.

Selain harga kompor gas 1 tungku, pertimbangkan pula hal berikut ini:

1. Pilih yang sudah terbukti mampu memberikan kualitas yang bagus misalnya yang sudah memiliki nama atau bermerk.
2. Pilih yang mudah dicari suku cadangnya, misalnya untuk selang gas yang mudah dipasang dan pas di kompor tersebut.
3. Pertimbangkan mengenai ketahanannya, misalnya mampu digunakan untuk menampung berat berapa kilogram. Sehingga nantinya kamu tidak menggunakan kompor yang ukurannya kecil untuk bisa memasak dengan alat masak yang besar dan masakan yang cukup berat.
4. Pilih yang hemat dalam penggunaan gas. Saat ini penggunaan LPG tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ada jenis kompor yang boros penggunaan gasnya, dan ada yang hemat. Jika dibandingkan, kompor gas yang mengeluarkan api biru lebih hemat penggunaan dayanya dibandingkan dengan kompor yang mengeluarkan gas merah.
5. Pilih yang sudah dilengkapi dengan sistem katub yang baik sehingga akan memberikan rasa aman, seperti jenis kompor yang dilengkapi dengan automatic system untuk filter katub yang ada di saluran gas. Sehingga jika terjadi kebocoran gas, kamu dapat langsung memutuskan saluran gas.

Nah dari tips tersebut, semoga berguna bagi anak kos sepertiku yaaaa 🙂

Iklan