Hotel 24 Jam

Kali ini adalah kali pertama aku masih membuka mataku di tengah indahnya malam yang memberikan kenyamanan bagiku untuk beristirahat. Disebuah hotel yang aku singgahi, baru aku melihat pengalaman orang-orang yang bekerja di tempat 24 jam. Hotel memang membuka layanan selama 24 jam, dan ternyata memang kegiatan ini tak ada hentinya.
paraty-254516_640
Untuk wilayah Jakarta, saat ini adalah pukul 00.35 pagi. Sedangkan untuk tempat yang aku singgahi sekarang adalah pukul 01.35 pagi. Di waktu yang rawan mengantuk ini, aku masih setia duduk di restoran hotel tempatku menginap. Tak ku lihat ruangan ini kosong. Ya memang untuk pengunjung, tak ada pengunjung selain aku yang masih setia duduk di salah satu kursinya. Namun untuk para petugas di hotel, masih setia mereka lalu lalang menjalankan tugasnya. Ini memang pertama kalinya aku ingin menyelesaikan pekerjaanku di luar kamar. Sehingga aku pun baru tau akan pemandangan ini, yang kurasa sebenarnya ini tak aneh bagi mereka. Tapi ini cukup aneh bagiku yang bekerja hanya diwaktu matahari masih tersenyum.
Petugas keberihan ku lihat sibuk mebersihkan lantai-lantai restoran. Sesekali aku melihat mereka melintas, entah untuk membuang sampah dari sapuannya atau sekedar mengelap sesuatu. Petugas restoran juga ku lihat bergantian menata perlengkapan sarapan yang akan disantap oleh pengunjung esok harinya. Terlintas dibenakku, kenapa mau mereka bekerja rutin di malam hari seperti ini? Apakah uang yang mereka dapatkan setimpal dengan perjuangan mereka menahan ngantuk? Apakah istirahat mereka cukup? Banyak pertanyaan-pertanyaan yang terlintas di pikiranku, dan aku pun tak ingin menanyakannya. Aku yakin di dalam dapur sana, banyak koki yang sdenag menyiapkan menu sarapan.
Petugas hotel ini tak henti memperhatikan kondisi tatanannya. Bagian pembersih ruangan memastikan bahwa lantai, meja, dan kursi dalam keadaan bersih. Petugas makanan memperhatikan isi air minum yang disama ratakan isinya. Piring, mangkuk, gelas, garpu, sendok, pisau, dan alat malan lainnya ditata dengan indah di atas meja. Hidangan tengah diolah dan siap disajikan pagi hari. Tak lupa tisu pun ditata dengan rapi agar terlihat makin indah. Dalam kondisi yang mungkin setengah mengantuk , mereka berjuang untuk membuat penampilan hidangan terlihat makin menggugah selera.
Baru aku sadari ternyata banyak pekerjaan-pekerjaan yang mengharuskan pekerjanya untuk tetap terbangun di malam hari. Saat ini yang aku ketahui hanyalah petugas hotel, petugas pom bensin 24 jam, petugas minimarket 24 jam, satpam, supir taxi 24 jam, dan pekerja lainnya yang bertugas saat shift malam. Satu malam saja aku berperang dengan ngantuk demi sesuatu, rasanya tak ingin aku ulangi lagi. Rasanya sangat lelah dan tak enak kondisi badan. Bagaimana dengan mereka semua yang bertarung dengan dinginya malam untuk lebih dari sekedar satu malam? Kepalaku saja rasanya sudah mau pecah.
Iklan