Lautan Mobil Murah

Keputusan Pemerintah Pusat tentang kebijakan mobil murah dalam PP Nomor 31 Tahun 2013, akan memperkeruh kemacetan di kota-kota besar. Low Cost Green Car (LCGC) atau Mobil Murah Ramah Lingkungan ditakutkan akan menjadi incaran konsumen, yang menyebabkan jalanan semakin macet. Hal ini tentu bertentangan dengan program untuk mengurangi kemacetan yang ada.

Gubernur DKI Jakarta sedang merancang penerapan plat nomor ganjil-genap sebagai salah satu cara untuk menanggulangi kemacetan di Ibukota Jakarta. Namun, jika diberlakukan juga kebijakan mobil murah, tentu sangat bertentangan dengan program ganjil-genap. Bisa saja masyarakat akan membeli mobil murah tersebut untuk keperluan plat ganjil-genap, dengan artian 1 mobil dengan plat ganjil dan 1 mobil lagi dengan plat genap.

Dalam penyediaan mobil murah, produsen akan membuat mobil sesuai persyaratan LCGC. Beberapa persyaratan LCGC adalah mobil mengusung mesin di bawah 1200 cc, dengan pemakaian bahan bakar minimal 20-22 km per liter. Bayangkan saja, Indonesia mampu membeli lebih dari 370 unit mobil A, 180 unit mobil B, dan 138 unit mobil C, bahkan mulai dari periode Januari hingga November 2013 mampu mendekati angka 1 juta unit.

Jika dibandingkan lagi dengan kondisi jalan yang ada, hal ini sangat timpang. Kondisi jalanan yang seadanya, dengan tatanan gedung-gedung tinggi harus menampung mobil sebanyak itu. Apalagi jika ditambah dengan adanya kebijakan mobil murah. Tentu akan menyebabkan kemacetan yang semakin parah lagi. Seharusnya pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan mobil murah, melainkan mendorong transportasi umum yang ramah dan layak.

Untuk menanggulangi mobil murah yang siap beredar, Gubernur DKI Jokowi dan Wakilnya Ahok sedang mempersiapkan 6 cara jitu, yaitu:

  • Mendatangkan bus umum ber-BBG yang nyaman,
  • Mencabut subsidi BBM, dan dialihkan untuk bus,
  • Pentarifan jalan atau Electronic Road Pricing (ERP),
  • Zonasi parkir dan Park and Ride,
  • Plat ganjil-genap, dan
  • Pajak khusus.

Sumber dapat dilihat disini , disini dan disini.

Kopipes :

Lautan Mobil Murah | http://ow.ly/GCDHd | @hukumpedia

Iklan