Teknologi Pangan? Bukan Kelas Masak-Masak!

Apa itu Teknologi Pangan?

Itu adalah salah satu jurusan dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian.

Apa itu Teknologi Industri Pertanian? Ohh yang nanam padi dan nyangkul-nyangkul ya?

eat-547511_640

Sebenarnya Teknologi Industri Pertanian bukanlah suatu profesi atau pelajaran menanam padi dan menyangkul disawah. Ini adalah sebuah kelompok atau yang akan mempelajari mengenai berbagai macam pengolahan hasil dari pertanian. Pertanian yang dimaksud bukan hanya padi, tapi juga berkaitan dengan pohon, hewan, air, tanah, dan lain sebagainya. Pelajaran ini terlalu luas, dan dipersingkat lagi menjadi beberapa konsentrasi. Salah satu konentrasinya adalah Teknologi Pangan.

Teknologi pangan bukanlah pelajaran masak-masak. Istilah yang lebih keren disebut dengan tekpang ini, adalah sebuah pelajaran yang dapat menciptakan dan menganalisa suatu produk pangan. Dengan kata lain, kita tak hanya diajarkan untuk mengolah, tapi juga menganalisa produk yang akan digunakan atau sudah dihasilkan. Beberapa analisa yang sering dilakukan adalah analisa fisik, kimia, dan mikrobiologi.

Analisa fisik adalah pengamatan atau penilaian yang mulanya bisa dilalukan dengan panca indera. Semua objek pangan yang dapat dilihat, didengar, dicium, dirasa, dan diraba. Dengan panca indera, kita bisa menganalisa permulaan apakah bahan yang mau kita gunakan merupakan bahan yang bagus atau tidak. Selain itu analsia ini juga bisa digunakan pada produk yang sudah diolah, kita pun akan tahu apakah produk yang dihasilkan memiliki fisik yang baik.

Analisa kimia adalah pengamatan dari kandungan yang ada di dalam bahan pangan. Kandungan kimia ini bisa berasal dari 3 faktor, memang sudah ada, sengaja ditambahkan, atau tercipta dengan sendirinya. Semua bahan pangan punya kandungan kimia alami di dalamnya. Ini terjadi secara alami selama proses pembuahan. Tapi ada juga bahan kimia yang sengaja ditambahkan ke dalam bahan pangan untuk tujuan tertentu. Untuk penguat rasa misalnya, atau untuk menyedap rasa, bahkan untuk menciptakan kandungan kimia lain. Tapi kandungan kimia pun bisa terjadi secara alami selama proses pengolahan tanpa disasari.

Analisa selanjutnya adalah analisa mikrobiologi. Analisa ini tentu berkaitan dengan mikrobiologi yang terdapat di dalam bahan pangan maupun proses pengolahan. Analisa ini biasanya berkaitan dengan proses sanitasi atau kebersihan. Kebersihan tubuh di pengelola, lingkungan sekitar, bahan makanan yang digunakan, alat yang dipakai, serta proses pembuatannya dapat mempengaruhi kadar mikrobakteri yang ada di dalam makanan. Untuk membuat produk yang baik, diperlukan juga proses yang higenis.

Teknologi pangan tentu berkaitan sekali dalam keseharian. Karena setiap makhluk hidup membutuhkan asupan makanan dari mulai baru lahir hingga meninggal dunia. Untuk menjaga kualitas asupan makanan yang baik, kita perlu tahu apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita. Dengan adanya analisa pendahuluan, kita bisa tahu apakah produk tersebut baik atau tidak untuk dikonsumsi. Selain itu, tekpang juga mengajarkan cara mengolah makanan yang baik. Agar zat-zat bermanfaat yang terkandung di dalam bahan pangan dapat tetap terjaga mutunya. Sehingga makanan yang dihasilkan tetap berkualitas. Selain itu, diajarkan juga bagaimana caranya menghitung kadar gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Iklan