Waspadai Dampak Buruk Penggunaan Aktif HP Android Bagi Anak!

baby-boy-playing-with-mobile-phone-on-a-cradle_1170-480

Perkembangan dunia teknologi komunikasi sudah tidak terbantahkan lagi, bahkan setiap tahunnya ada saja perkembangan yang diluncurkan. Pertama kali bermula dari HP yang hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dua orang saja, sampai saat ini sudah menggunakan sistem canggih. Ya, beberapa tahun belakangan ini hp android  menjadi raja pasar dunia komunikasi. Bahkan orang tidak perlu lagi menggunakan surat, telegram, ataupun lainnya untuk berkomunikasi jarak jauh. Hal inilah yang menjadi salah satu bukti dari perkembangan jaman yang semakin memudahkan masyarakat.

Pada dasarnya, smartphone terbentuk dari dasaran ponsel biasa yang kemudian menjelma menjadi perangkat yang dapat digunakan untuk segala macam bentuk komunikasi, dan itulah mengapa perangkat ini disebut smartphone. Bahkan hal itu juga terus mengalami perkembangan seiring kemajuan jaman, saat ini teknologi pada smartphone sudah tidak terbatas lagi. Orang bisa melakukan segala macam kegiatan tanpa bersusah payah, hanya dengan satu perangkat itu saja. Penggunaan handphone modern itu juga tidak hanya terbatas dari kalangan orang dewasa saja, tetapi mulai dari anak-anak pun sudah mulai ketergantungan.

Sebagai orang tua zaman sekarang, tentunya harus lebih selektif lagi menentukan mana yang tepat bagi anak dan mana yang tidak. Jangan biarkan anak menjadi dewasa sebelum waktunya akibat seringnya menggunakan ponsel. Nah, berikut ini ada beberapa dampak buruk penggunaan android bagi anak-anak dalam intensitas yang sangat sering yang harus diwaspadai, yaitu:

 

1. Kesehatan Terancam

Segala sesuatu yang memberikan dampak buruk terkadang memang menyenangkan, seperti contohnya bermain game pada smartphone. Bagi anak-anak jaman sekarang hal itu sangatlah menyenangkan, bahkan mereka bisa memainkan segala bentuk permainan sesuai dengan keinginan. Tetapi yang perlu dipahami adalah menggunakan hp android dalam jangka waktu yang lama bahkan setiap hari itu bisa membahayakan bagi kesehatan. Seperti sakit pada bagian penglihatan, kepala, otak, bahkan sampai dengan kanker.

 

2. Kecanduan

Seperti yang telah dikatakan,  menggunakan smartphone itu sangat menyenangkan, makanya efek dari hal itu adalah kecanduan. Hasil akhir dari dampak tersebut bisa saja meninggalkan hal-hal penting lainnya seperti belajar, makan, berinteraksi dengan orang lain dan sebagainya.

 

3. Susah Tidur

Beberapa layar smartphone masih menggunakan teknologi yang cenderung mengeluarkan warna layar yang biru. Padahal jika hal tersebut terus digunakan saat akan tidur, pasti berdampak pada kesehatan mata dalam jangka panjang dan susah tidur dalam jangka pendek. Makanya hindari smartphone ketika akan memasuki waktu tidur dan beri batasan kepada anak untuk menggunakannya.

 

4. Gangguan Fisik

Tidak sedikit anak yang mengalami gangguan fisik karena memang susah bergerak dalam keseharian. Salah satu penyebabnya adalah menggunakan gadget yang lebih sering sehingga waktu untuk bermain dan beraktivitas berkurang. Padahal anak masih dalam masa pertumbuhan yang perlu adanya aktivitas mendukung.

 

5. Gangguan Komunikasi

Beberapa orang dewasa memang mempunyai komunitas ketika bermain game, tetapi beberapa anak terkadang memilih untuk berdiam diri dirumah dan menggunakan smartphone hingga bosan, dibandingkan dengan harus keluar rumah. Ini adalah satu dari banyaknya hal yang membuat anak mempunyai keterbatasan komunikasi dengan orang lain.

Demikian sedikit contoh dari banyaknya dampak yang timbul akibat dari penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan, khususnya pada anak. Sebagai orang tua sebaiknya memahami apa saja dampak baik dan buruk dari menggunakan hp android bagi anak. Jika memang lebih banyak berimbas buruk lebih baiknya batasi atau tidak diberikan saja, apalagi jika itu berkaitan dengan tumbuh kembang si buah hati.

 

Iklan