67 Juta Penduduk Indonesia Belum Menikmati Jaminan Kesehatan??

Terdapat beberapa jaminan kesehatan di Indonesia, diantaranya: (1) askes, (2) jamsostek, (3) jamkesmas, dan (4) jamkesda. Asuransi kesehatan Askes dan Jamsostek ini biasanya di prioritaskan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Swasta. Jamkesmas dan Jamkesda diperuntukkan bagi seluruh masyarakat yang ada di daerahnya masing-masing. Meskipun diperuntukkan bagi seluruh masyarakat, faktanya 67 juta penduduk di Indonesia masih ada yang belum dapat menikmati Jaminan Kesehatan (Jamkes) baik Jamkesmas maupun Jamkesda.

Isunya, Indonesia akan mengadakan sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang akan dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. JKN juga memiliki kontribusi tarif yang dibagi menjadi 3 kelas, Rp. 25.000/bulan untuk kelas tiga, Rp. 42.000/bulan untuk kelas dua, dan Rp. 59.000/bulan untuk kelas satu. Pemerintah yakin tarif ini bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dengan majunya jaman globalisasi, membuat biaya pengobatan semakin mahal. Ditambah lagi jika belum semua masyarakatnya mendapatkan jaminan kesehatan. Tidak adanya jaminan dapat menyebabkan kemungkinan enggan untuk berobat, dengan alasan biaya mahal. Sehingga masyarakat yang kurang mampu dan tidak mendapatkan jaminan pasti berpikir keras untuk berobat karena terbentur biaya.

Mudah-mudahan saja pemerintah benar-benar menjalankan sistem tersebut. Agar seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dapat menikmati jaminan kesehatan dan tidak pusing-pusing untuk memikirkan biaya pengobatan. Tidak hanya masyarakat kalangan atas dan menengah saja yang dapat menikmati pengobatan, tapi masyarakat kalangan bawah juga dapat menikmatinya.

Kopipes :

67 Juta Penduduk Indonesia Belum Menikmati Jaminan Kesehatan?? | http://ow.ly/GCCyG | @hukumpedia | http://ow.ly/i/86Wj1

Iklan