Smartphone Muncul Sejak 1993?

Kamu pengguna smartphone?

Saya rasa iya..

Kamu tahu kapan smartphone pertama kali muncul? maaf saya gak yakin tebakan kamu benar, hihihi.

B6Pp2URIgAIK1Ny

Awalnya saya mengenal smartphone sejak tahun 2000an. Smartphone atau ponsel pintar ini sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1993. Didapatkan sebuah informasi dari salah satu majalah kece, disitu dituliskan bahwa ponsel cerdas ini pertama kali muncul disebut dengan Simon IBM.

“Simon buatan IBM merupakan telepon selular pertama yang memiliki fitur asisten digital pribadi seperti email” begitu tulisnya. Masih ingat apa handphone pertama kamu dan kapan pertama kali kamu menggunakan smartphone?

Smartphone pada zaman 93 ini jangan disamakan dengan pada masa sekarang yaa. Kalau pada saat sekarang smartphone identik dengan bentuknya yang ramping dengan layar berwarna hitam, dan memiliki fitur yang sangat lengkap, tentu berbeda dengan smartphone di era 93. Pada era 93, smartphone hadir sebesar batu bata dengan berat kira-kira 500 gram. Fiturnya pun hanya email, kalender, terhubung dengan faks, dan untuk menelepon. Tentu jauh berbeda dengan smartphone di era milenium ini.

Tapi yang harus disaluti adalah,smartphone IBM ini menggunakan LCD layar sentuh yang dibekali juga dengan pensilnya. Lagi-lagi saya bertanya apa kamu ingat kapan pertama kali punya smartphone touchscreen? hehehe.. Tapi meskipun berat dan minim fitur, smartphone ini berhasil dijual sebanyak 50.000 unit di era nya.

Berbeda dengan smartphone jaman sekarang, fungsinya beralih tak hanya untuk sekedar bertukar pesan atau email dan telepon, tapi juga bisa digunakan untuk bertukar permainan, foto, video, audio, dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi memang semakin canggih, meskipun pada kenyataannya disini sepertinya masih minim sumber daya manusia yang sadar dengan teknologi.

Sumber dapat dilihat disini dan di NGO Indonesia.

Kopipes :

Smartphone Muncul Sejak 1993? | http://ow.ly/GDMx4 | @hukumpedia http://ow.ly/i/87gVi

Iklan