[KOMPETISI] Ketika Cinta dan Benci Menjadi Satu

Kali ini Hukumonline.com melalui Hukumpedia.com mengadakan 2 buah kompetisi. Kedua kompetisi ini bertentangan, namun tujuannya adalah untuk menjaga Ibukota kita. Loh apa hubungannya dengan Ibukota?. Menjelang hari ulang tahun kota Jakarta yang dinobatkan sebagai Ibukota Negara Indonesia, diadakan kompetisi yang diberi nama “Kenapa Cinta Jakarta?” dan “Kenapa ‘Benci’ Jakarta?”.

cinta dan benci

Kenapa Cinta Jakarta?

Kota Jakarta memiliki banyak objek wisata yang menarik. Disamping itu, suasana malam di kota ini sangat Indah, seperti kelap-kelip lampu di Monas, alunan pancuran air di taman, dan lain sebagainya. Kompetisi “Kenapa Cinta Jakarta?”, adalah sebuah kompetisi foto. Dalam kompetisi ini peserta dapat menyertakan gambar terbaik milik pribadi, lebih dari 1 gambar. Kompetisi ini sengaja dibuat agar meningkatkan kecintaan seluruh penghuni kota Jakarta. Diharapkan masyarakat akan semakin sadar akan keindahan Ibukota, dan bersedia dengan senang hati merawat keindahan tersebut.

fotoCintaJakarta

Kenapa ‘Benci’ Jakarta?

Sebenarnya kata ‘benci’ dalam judul ini bukanlah arti sebenarnya. Kebencian ini ada sebagai tanda kritikan kita terhadap apa saja yang ada di Jakarta. Kompetisi “Kenapa ‘Benci’ Jakarta?”, adalah sebuah kompetisi menulis. Kompetisi ini dilakukan sebagai bentuk kritik atas kekurangan yang ada di Jakarta. Dengan adanya kompetisi ini diharapkan Pemerintah Jakarta semakin sadar akan kekurangan yang ada dan bergegas untuk memperbaikinya. Kemudian untuk para pendatang pun akan tahu mengenai apa saja yang akan dia alami di Jakarta.

Kompetisi menulis

Kemudian apakah harus berlatar belakang hukum?

Dalam satu pelatihan, ada seseorang bertanya pada saya, “mbak, kalau kontennya gak berkaitan dengan hukum, boleh gak?”

Pertanyaan tersebut tak lantas saya jawab, saya balik bertanya “memang hukum itu menurut kamu apa?”.

Banyak masyarakat, umumnya masyarakat awam, yang menganggap hukum itu selalu berkaitan dengan undang-undang, polisi, hakim, pengacara, penjara, dan ketentuan hukum lainnya. Padahal tanpa disadari, hukum itu ada di dalam kegiatan sehari-hari. Gak percaya? coba diulas sedikit. Jual beli di pasar termasuk hukum bukan? Berbicara dengan orang lain termasuk hukum kah? Menggunakan fasilitas umum termasuk hukum juga? Makan dan minum ada hukumnya juga? semua itu ada nilai hukumnya. Kesimpulannya adalah semua hal itu bernilai hukum, tergantung dari mana kita memandang nilai hukum itu sendiri.

Jadi siapapun yang mau ikut kompetisi ini, silahkan saja, miminnya pasti sangat menerima πŸ™‚ gak harus mahasiswa hukum kok, asal sudah berusia 18 tahun. Urusan usia tersebut memang tidak tercantum dalam persyaratan kompetisi, namun merupakan kebijakan keanggotaan di halaman tersebut.

Apa Saja Persyaratan Kompetisi :

Karena kedua kompetisi ini berbeda, tentu syaratnya pun ada yang berbeda. Berikut syarat dari masing-masing kompetisi :

Kompetisi Foto

  1. Foto diupload langsung di laman hukumpedia.com,
  2. Foto tidak mengandung SARA atau penghinaan,
  3. Foto tidak boleh diedit dengan penambahan atau pengurangan object, hanya boleh mengedit kecerahan gambar,
  4. Foto wajib diberikan kategori β€œKompetisi Foto Hukum” dan boleh dengan penambahan kategori lain,
  5. Foto diberi tanda β€œKenapa Cinta Jakarta”, dan
  6. Foto diberi lisensi CC – BY
  7. Foto diberikan narasi minimal 1 paragraf,
  8. Foto hasil karya sendiri (original) dan belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi lain, apabila diketahui konten yang dibuat tidak original dan sudah pernah diikutsertakan dalam kompetisi lain, maka peserta di diskualifikasi.

Kompetisi Menulis

  1. Tulisan diupload langsung di laman hukumpedia.com,
  2. Isi dalam tulisan tidak mengandung SARA atau penghinaan,
  3. Tulisan wajib diberikan kategori β€œJakarta” dan boleh dengan penambahan kategori lain,
  4. Tulisan wajib diberikan lisensi CC – BY,
  5. Tulisan diberi tanda β€œKenapa ‘Benci’ Jakarta?”, dan
  6. Tulisan hasil karya sendiri (original) dan belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi lain, apabila diketahui konten yang dibuat tidak original dan sudah pernah diikutsertakan dalam kompetisi lain, maka peserta di diskualifikasi.

Ada Hadiahnya?

Ya namanya juga kompetisi, pasti ada hadiahnya donggggg :).

Kalau menang dalam kedua kompetisi ini, kamu bisa membawa pulang hadiah ini!! (berlaku untuk masing-masing kompetisi)

  1. Rp. 500,000,-, paket database individual Hukumonline selama 6 bulan (senilai Rp. 1,200,000), 1 paket merchandise, dan 1 sertifikat, untuk Juara I,
  2. Rp. 300,000,-, paket database individual Hukumonline selama 4 bulan (senilai Rp. 800,000), 1 paket merchandise, dan 1 sertifikat, untuk Juara II, dan
  3. Rp. 200,000,-, paket database individual Hukumonline selama 2 bulan (senilai Rp. 400,000), 1 paket merchandise, dan 1 sertifikat, untuk Juara III.

Biasanya ada pertanyaan dalam hadiah, “database individual” tuh apa sih?

Nah kalo udah bertanya kayak begitu, ketahuan kamu pasti belum pernah berlangganan di Hukumonline kan?? hehehe.

Jadi, hukumonline sebagai satu-satunya perusahaan yang memiliki koleksi peraturan terlengkap di Indonesia, akan membagikan akses gratis ke kamu. Kamu yang biasanya dikenakan biaya untuk mengakses peraturan tersebut, gak perlu bayar lagi. Beberapa koleksi peraturan di Hukumonline memang dapat didownload secara gratis, namun untuk beberapa dokumen penting tidak bisa di ambil secara bebas. Nah dengan hadiah yang kamu terima, tentu kamu bisa lihat dokumen penting itu lohh πŸ˜€

Yuk ahh buruan ikut kompetisi ini, kompetisi masih sampai 30 Juni 2015 loh. Untuk info lebih lanjut kamu bisa kunjungi bit.ly/cintajakarta dan bit.ly/kritikjakarta. Atau silahkan langsung ke laman kompetisi Cinta Jakarta dan ‘Benci’ Jakarta. Kalau masih ada info yang ingin kamu ketahui, silahkan email langsung ke mimin-mimin yang baik di hukumpedia[at]hukumonline[dot]com.

Iklan