Kali Ini Kuncinya adalah Angka 7

Bagi keturunan darah Batak, meskipun seorang perempuan, rasanya gitar adalah alat musik yang wajib dikuasai. Walau hanya bisa genjrang-genjreng gak jelas, asal mengenal kunci dasar saja rasanya sudah senang. Bukan hal yang wajib sih, tapi menjadi suatu kebanggaan saja bisa bermain gitar di depan keluarga besar untuk bernyanyi bersama.

Hanya kunci dasar saja yang aku tahu saat ini. Hal itu lah yang membuat kekasihku sangat niat mengajarkanku kunci berbau angka 7. Ini adalah PR (pekerjaan rumah) yang harus aku tuntaskan, oh my God 😦 semangaattt :D.. Entah apa alasannya, yang pasti aku menerimanya dong, hehe. Dia memang belum menjadi apa-apa di dunia musik, tapi semangatnya mengajarkanku, buat aku merasa dia lah guru gitar terbaik bagiku haha. Yaudah ahh daripada gombal terus, yuk cus kita belajar. Tapi sebelumnya mohon maaf ya kalau salah 😀

Kunci C

Kunci C dasar dan balok, adalah seperti ini :

gitar c

gitar c balok

Lalu ini adalah salah satu kunci turunan yang bisa digunakan, yaitu C Major 7. Namun kunci ini dapat digunakan jika bunyi bass ada pada senar 6, atau senar yang paling atas, atau senar yang paling besar.

C maj 7 (on 6th strings)

C maj 7 (on 6th strings)

Kunci D

Kunci dasar dan baloknya adalah sebagai berikut :

gitar d

gitar d balok

Kemudian ini adalah kunci D yang dapat di variasikan, seperti D minor 7 on 5th strings maupun 6th strings. Perbedaannya adalah jika 5th strings berarti posisi bass ada pada senar kelima, sedangkan 6th strings berarti posisi bass ada pada senar keenam.

D min 7 (on 5th strings)

D min 7 (on 5th strings)

D min 7 (on 6th strings)

D min 7 (on 6th strings)

Kunci E

Kunci dasar dan baloknya adalah sebagai berikut :

gitar e

gitar e balok

Kemudian kunci E ini dapat divariasikan menjadi :

E min 7 (on 5th strings)

E min 7 (on 5th strings)

E min 7 (on 6th strings)

E min 7 (on 6th strings)

Kunci F

Kunci dasar dan baloknya adalah sebagai berikut :

gitar f

gitar f balok

Kemudian kunci F ini dapat divariasikan sebagai berikut :

F maj 7 (on 5th strings)

F maj 7 (on 5th strings)

F maj 7 (on 6th strings)

F maj 7 (on 6th strings)

Kunci G

Kunci dasar dan baloknya adalah sebagai berikut :

gitar g

gitar g balok

Kemudian kunci G ini dapat divariasikan sebagai berikut :

G dom 7 (on 5th strings) I

G dom 7 (on 5th strings) I

G dom 7 (on 5th strings) II

G dom 7 (on 5th strings) II

G dom 7 (on 6th strings)

G dom 7 (on 6th strings)

Kunci A

Kunci dasar dan baloknya adalah sebagai berikut :

gitar a

gitar a balok

Kemudian kunci A ini dapat divariasikan sebagai berikut :

A min 7 (on 5th strings)

A min 7 (on 5th strings)

A min 7 (on 6th strings)

A min 7 (on 6th strings)

Kunci B

Kunci dasar dan baloknya adalah sebagai berikut :

gitar b

gitar b balok

Kemudian kunci B ini dapat divariasikan sebagai berikut :

B half-dim 7 (on 5th strings)

B half-dim 7 (on 5th strings)

Nah itu adalah beberapa variasi kunci dasar. Kata pak guru, variasi kunci masih buanyak banget. Jadi satu per satu dulu deh belajarnya. Yang mau ikutan belajar, yuk hayuk belajar bareng. Lagi pula PR untuk edisi kali ini sudah 1 bulan lebih dan belum juga aku tuntaskan, huhft. Somebody help me 😛

Iklan