Bukan Air Panas dan Dingin Penyebab Anyang-anyangan!

IMG_20170630_075122

Katanya minum air panas dan kemudian air dingin adalah penyebab anyang-anyangan, apa betul?

Ketika mampir ke sebuah tempat makan, biasanya aku memesan teh manis hangat dan jus buah dingin. Hemm kupikir kolaborasi antara panas dan dingin inilah yang kerap membuatku merasa anyang-anyangan, dan aku menjadi takut sejak itu. Anyang-anyangan adalah rasa ingin buang air kecil secara terus-menerus yang disertai rasa nyeri. Kalau sudah muncul rasa itu, aku mengobatinya dengan mengkonsumsi air putih hangat yang banyak hingga sakitnya berkurang. Ditambah menempelkan botol berisi air hangat di perut, wuihhhhh enak sekali.

Ketidaktahuanku akan bahaya dari anyang-anyangan membuatku cuek saja. Namun ternyata, 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan, mulai dari anak-anak, orang dewasa, dan ibu hamil, dapat terkena resiko anyang-anyangan. Tenyata penyebab anyang-anyangan timbul bukan karena kolaborasi antara air hangat dan air dingin. Melainkan disebabkan karena bakteri Escherichia coli yang menempel di saluran kemih, dan ternyata wanita lebih mudah terkena penyakit ini dibandingkan pria.

Sialnya selama ini aku benar-benar salah kaprah dan merasa bersalah karena menuduh campuran air hangat dan dinginlah penyebab sakitnya. Ternyata selain disebabkan karena sering menahan buang air kecil, air untuk membasuh yang tidak bersih pun menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa anyang-anyangan. Ditambah keadaan toilet yang kurang bersih, serta arah proses pembasuhan setelah buang air besar yang tidak benar, juga akan menyebabkan sakit itu timbul kembali.

Kalau sudah sakit, minum air putih saja tidak cukup. Hemmm lagi-lagi aku salah dalam mengobati diriku sendiri. Minum air putih mungkin dapat membantu mengurangi rasa sakit. Sayangnya minum air putih saja belum tentu menyelesaikan masalah anyang-anyangan, dan tidak mencegah sakit itu datang lagi.

 

Diperlukan sumber selain air putih untuk mengobati anyang-anyangan. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah cranberry. Buah ini mengandung proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah bakteri E-Coli menempel di dinding sel epitel saluran kemih, dan membuangnya bersama air seni. Sayangnya buah ini dijual dengan harga mahal dan sulit untuk menemukannya. Belum lagi proses pengolahan yang tidak mudah karena harus di blender dan di jadikan jus terlebih dulu, serta rasanya yang pahit agak asam, membuatku menyerah lebih dulu dibanding mengolah dan mengkonsumsinya.

 

Perkembangan teknologi yang canggih saat ini, membuat para ilmuan tidak tinggal diam, terlebih karena anyang-anyangan tidak boleh di sepelekan. Melalui Prive Uri-Cran, ekstrak cranberry kini hadir dalam bentuk kemasan dan mudah di konsumsi. Harganya pun terjangkau, dan mudah di temukan di pasaran. Tak perlu lagi buang waktu untuk mencari buah dan mengolahnya hingga dapat di minum. Tak perlu juga menahan rasa pahit agak asam ketika mengkonsumsinya.

IMG_20170630_082817_1498786146372

Prive Uri-Cran mengandung 250 mg ekstrak cranberry, dan berbentuk kapsul. Cukup dengan menelan dengan air putih *glek glek* sebanyak 1 sampai 2 kapsul per hari, beressssss.. Ada juga Prive Uri-Cran plus, berbentuk serbuk dalam sachet, yang mengandung 375 mg ekstrak cranberry, ditambah dengan 60 mg vitamin C, 0.1 mg Lactobacillus achidopillus, dan 0.1 mg Bifidobacterium bifidum, dengan rasa yang lebih yahuuddddd. Cukup dengan mengkonsumsi 1 sampai 2 sachet perhari, anyang-anyangan pun hilang. Kandungan Fructo oligo saccharides dan Calcium lactate glukonate juga termasuk ke dalam komposisi Prive Uni-Cran plus.

IMG_20170630_074904

Setelah mengkonsumsi Prive Uri-Cran atau Prive Uri-Cran plus dan rasa anyang-anyangan minggat, wah lega sekali perutku. Tidak ada lagi rasa nyeri dan ingin buang air kecil terus-menerus yang menggangguku. Tentu aku pun harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan membersihkan toilet di rumah, dan membawa pembersih ketika ke toilet umum. Serta memastikan penggunaan air bersih, juga cara membersihkan diri yang benar setelah buang air besar. Jangan lupa, penyebab anyang-anyangan bukan karena mengkonsumsi air hangat dan air dingin secara bersamaan!

Sekarang jadi gak takut lagi minum air hangat dan dingin secara bersamaan. Selamat mencoba teman-teman, semoga anyang-anyangan mu segera hilang!

 

Iklan