3 Makanan Sehat Ini, Wajib untuk Ibu Hamil!

 

pregnant-422982_960_720

Terlahir sebagai bayi prematur, membuatku kesulitan mengubah bentuk tubuh. Konon katanya, bayi yang terlahir prematur akan sama bentuknya dari lahir hingga tua. Jika terlahir kurus, maka akan kurus selamanya, jika terlahir panjang, maka bentuk tubuhnya akan tinggi, dan begitu juga sebaliknya. Katanya sih kelahiran prematur dapat disebabkan karena faktor keturunan, entah benar atau salah. Tapi bagiku, faktor makanan dan minuman selama masa kehamilanlah yang menjadi penjelasan ilmiah.

Hamil merupakan hal yang diidam-idamkan para perempuan pastinya, dan saat ini mempunyai anak sedang menjadi tren para Mahmud-mahmud (baca: Mamah Muda). Begitu juga dengan orang-orang di sekitarku, lagi banyak yang hamil hehe.

Saat mengandung, calon ibu tentunya harus memilih makanan sehat guna memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan janin yang ada dalam kandungan. Kurangnya asupan nutrisi akan berpengaruh pada perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Untuk meminimalisir dampak buruk pada kehamilan, berikut makanan dan minuman yang baik dikonsumsi ibu hamil :

food-1216731_960_720

  1. Air putih, sayuran, dan buah-buahan

Mengkonsumsi air putih dengan cukup dapat mencegah bayi lahir secara prematur, terjadinya konstipasi, serta perkembangan yang berlebihan. Konsumsi air putih secara rutin pun dapat mencegah terjadinya infeksi kandung kemih. Selama kehamilan, ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, untuk mencukupi nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan. Kandungan vitamin A, K, dan C pada sayuran hijau seperti bayam, kale, sawi hijau, kangkung, dan lainnya, baik untuk kesehatan mata ibu dan calon bayi.

  1. Daging rendah lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan

Daging merupakan sumber protein yang baik untuk dikonsumsi, namun pemilihan daging rendah lemak lebih disarankan dibandingkan daging yang memiliki kandungan lemak tinggi. Ketika hamil, ibu juga disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon. Kandungan omega 3-nya baik bagi perkembangan calon bayi dalam kandungan. Telur juga menjadi sangat penting untuk dikonsumsi, karena kandungan kolin yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk perkembangan otak dan tubuh janin.

Selain sumber hewani, ada pula sumber nabati yang berguna dan disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan, seperti kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang merah kaya akan serat, yang dapat mencukupi kebutuhan semasa hamil. Kacang hijau, banyak mengandung serat, asam folat, kalsium, fosfor, lemak vitamin B1 dan B2, protein, serta karbohidrat. Kemudian kandungan asam folat, serat, dan kalsium pada kacang merah, dapat memperlancar sistem pencernaan dan mencegah kolesterol. Selain itu, kandungan karbohidrat kompleks pada kacang merah pun dapat mencegah resiko diabetes.

  1. Susu khusus ibu hamil, yogurt, vitamin, dan suplemen

Susu dan yogurt merupakan salah satu jenis minuman yang baik untuk ibu hamil. Kandungan kalsiumnya dapat membantu pembentukan tulang pada bayi, serta menjaga kesehatan tulang pada ibu. Selain itu, mengkonsumsi vitamin dan suplemen pun disarankan selama kehamilan. Namun untuk mengkonsumsi vitamin dan suplemen, sebaiknya di konsultasikan dulu dengan dokter kandungan, agar tidak terjadi kesalahan atau kelebihan dosis yang membahayakan janin.

Mengkonsumsi makanan serta minuman yang sehat tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu serta menunjang perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan tersebut setiap hari sehingga kebutuhan nutrisi dan vitamin yang bisa terpenuhi secara maksimal.

Selain makanan sehat dan minuman diatas, ada juga beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari ketika hamil. Junkfood, minumam beralkohol, serta minuman yang mengandung banyak soda sebaiknya dihindari, karena dapat mengganggu kesehatan janin yang ada dalam kandungan serta menghambat pertumbuhan janin dan meningkatkan resiko lahir cacat. Merokok dan menjauhi lingkungan perokok pun harus dihindari oleh ibu hamil demi kebaikan perkembangan janin.

Selama hamil, memang sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat serta minuman yang dapat menunjang perkembangan baik semasa kehamilan. Namun harus diperhatikan juga makanan dan minuman serta pantangan yang harus dihindari. Sehingga kesehatan ibu serta janin yang ada di kandungan tetap terjaga, serta akan tumbuh dengan baik dan sehat. Selain itu tidur cukup dan hindari begadang atau tidur sampai larut malam pun sangat disarankan untuk ibu hamil.

Iklan