Hidupkan Dinding Rumah dengan Konsep Wallpaper Menarik 

home-2194174_960_720

Penggunaan wallpaper pada dinding rumah, akan memberi efek ruangan menjadi lebih luas, lebih hangat, lebih terang, atau bahkan lebih sendu. Wallpaper juga berfungsi untuk menutup beberapa elemem yang terlihat kurang sempurna. Tapi masalahnya, tak semua orang dapat memilih wallpaper dinding sesuai dengan konsep rumah yang dimiliki. Eitssss hati-hati, kesalahan ini akan membuat rumah kamu jadi kurang nyamam dan justru membuat orang tidak betah dirumah loh..

Nah biar gak salah, berikut ada tips memilih wallpaper sesuai dengan tema rumah yang kamu inginkan!

1. Isyaratkan ruangan dengan warna yang tepat
Warna yang kamu pilih bisa mengatur mood di ruangan. Untuk membuat ruang tampil lebih besar dan langit-langit lebih tinggi, pilih pola dengan latar belakang warna dingin, seperti hijau, biru, atau ungu. Warna-warna yang lembut sejuk menunjukkan ketenangan, sementara warna-warna dingin yang intens segar dan dramatis. Warna hangat seperti merah, kuning, dan jeruk, sesuai dengan namanya dan justru membuat orang merasa lebih hangat. Ini adalah pilihan populer di iklim yang lebih dingin dan juga bekerja optimal di kamar-kamar yang menghadap ke utara. Semakin intens warnanya, semakin banyak kegembiraan yang akan diberikannya ke ruangan.

2. Bermainlah dengan cahaya
Di ruangan yang menghadap utara, lorong gelap, atau ruang berjendela, carilah pelapis dinding yang akan memantulkan cahaya di sekitar ruangan. Seperti pola dengan warna terang dan warna dengan tinta logam atau warna-warni. Juga pertimbangkan pola dengan permukaan halus, yang memantulkan cahaya maksimal. Warna gelap menyerap cahaya, membuat dinding tampak lebih pekat dan ruangan lebih kecil. Permukaan bertekstur juga cenderung membuat dinding terlihat lebih gelap.

3. Sembunyikan kekurangan dengan pola tekstur
Dengan tekstur yang nyata dapat menyembunyikan atau menyamarkan ketidaksempurnaan dinding atau landscape arsitektural. Pola dengan permukaan taktil yang biasanya meliputi rumput dan tali dadung, goni, foil, vinyl yang diperluas, dan bahkan kain. Wallpaper dinding lainnya mensimulasikan tampilan marmer, kayu, kulit, kain, bahkan kulit binatang. Pola dengan desain berlapis juga menciptakan persepsi tekstur (seperti desain monokromatik sutra di balik pola bunga).

4. Perhatikan penggunaan ruangan
Selanjutnya yang harus diperhatikam adalah penggunaam ruanhan itu sendiri. Bagaimana ruangan itu digunakan, dan seberapa sering penggunaannya, sehingga saat memilih pola wallpaper harus dipertimbangkam dengan baik.
Pilih gaya yang cocok untuk tampilan formal, pilih pola berskala besar dengan warna dramatis. Untuk yang menyenangkan, gaya cerah, pilihlah motif kecil yang terbuka dan teratur spasi, seperti polkadot. Aksen garis positif dan pola vertikal lainnya, yang menekankan ketinggian, menunjukkan martabat, vitalitas, dan formalitas. Pola vertikal, termasuk motif bunga di mana bentuk motifnya menunjukkan V atau U, akan membuat langit-langit tampak lebih tinggi. Lebar aksen pola horisontal, memberi kesan ketenangan dan kenyamanan, dan membuat ruangan sempit tampak lebih lebar.

5. Perhatikan skala
Skala akan menjadi kunci keberhasilan pemilihan wallpaper. Pola skala kecil menciptakan nuansa yang lapang, sementara desain berskala besar membuat ruangan lebih intim. Agar ruangan kosong terlihat lebih lapang, pilihlah pola berskala besar dengan warna-warna cerah dan latar belakang gelap. Untuk memberi tampilan dinding datar, cobalah pola dimensi terbuka yang besar, seperti desain teralis.

6. Padu padankan dengan bijak
Sebuah ruangan tanpa pola bisa membosankan, sementara ruangan dengan terlalu banyak pola bisa menyebabkan kegelisahan dan ketidakteraturan. Saat mencampur garis-garis, motif bunga, atau kotak-kotak di ruangan atau di antara area yang berdekatan, pilih pola yang mengulang warna atau nilai warna yang sama. Buku katalog wallpaper dinding yang tersedia biasanya mengelompokkan desain dengan warna agar mudah berkoordinasi sehingga Anda dapat langsung menyesuaikannya dengan konsep ruangan maupun rumah secara keseluruhan.

Nah dengan tips-tips tersebut, semoga kamu bisa memadu-padankan wallpaper sesuai dengan tema rumah dan keinginan kamu yaaaaaaa 🙂
Selamat mencoba gaes!

bamboo-2429954_960_720

Iklan