Khasiat Minyak Ikan Untuk Peliharaanmu

red-1044914_960_720

Memiliki binatang peliharaan di rumah seperti kucing, anjing, kelinci, burung atau hewan lainnya, tentu membuat suasana rumah lebih semarak dan hangat dengan kelucuan tingkah mereka. Tentunya juga dengan memiliki hewan peliharaan, akan membuat kita menyayangi hewan tersebut dan merawatnya dengan baik. Salah satu cara merawat hewan peliharaan adalah dengan memastikan kesehatannya baik melalui makanan maupun pengobatan seperti vaksin dan vitamin. Bagi kamu yang memiliki hewan kesayangan di rumah, ada satu bahan makanan dan obat yang sangat baik untuk diberikan pada kucing, anjing, kelinci, burung dan berbagai hewan lainnya yaitu minyak ikan.

Minyak yang diambil dari kulit ikan ini sudah terkenal memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan baik manusia maupun hewan. Protein yang terkandung di dalamnya antara lain:

  • Asam lemak omega 3, sangat baik untuk menjaga kesehatan sendi dan radang sendi. Asam omega 3 juga baik untuk kesehatan kulit.
  • Vitamin A, sangat baik untuk kesehatan mata dan mencegah berbagai penyakit akibat defisiensi vitamin A.
  • Vitamin D, membantu penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang.

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan dengan bulu yang lebat seperti kucing ras persia, anggora, kelinci bulu panjang hingga anjing, maka minyak ini juga akan sangat baik diberikan secara rutin. Kandungan di dalamnya akan membuat bulu hewan peliharaanmu semakin halus, mengkilat dan tidak mudah rontok. Selain itu, minyak ini juga bisa menambah nafsu makan sehingga membuat hewan peliharaanmu semakin gemuk dan lucu.

Selain untuk hewan berbulu seperti kucing, anjing dan kelinci, ternyata minyak ikan juga dianjurkan untuk diberikan secara rutin pada ayam bangkok. Ayam bangkok merupakan jenis ayam hias atau ayam aduan yang memiliki postur tubuh tinggi besar. Semakin tinggi dan besar ayam bangkok, harganya bisa semakin mahal. Kandungan vitamin A dan vitamin D dalam minyak ini bisa membantu pertumbuhan ayam agar semakin maksimal. Pada tubuh ayam bangkok yang masih belum ditumbuhi bulu, pemberian minyak akan mempercepat pertumbuhan bulu dengan lebat

Cara pemberian minyak ini seperti pada manusia yaitu dengan memasukkannya melewati mulut. Umumnya minyak akan dikemas dalam kemasan soft gel sehingga kamu perlu menggunting atau menusuknya agar cairan minyak bisa keluar. Atau jika memungkinkan, hewan peliharaan bisa memakan minyak bersamaan dengan soft gel karena soft gel di dalam tubuh nantinya bisa melarut dengan sendirinya. Bagi pemilik kelinci yang bukan merupakan binatang pemakan ikan atau sesuatu yang berbau ikan, pemberian bisa dilakukan dengan cara mengambilnya menggunakan suntikan tanpa jarum kemudian dimasukkan ke mulut untuk diminumkan.

Itulah berbagai manfaat minyak ikan untuk hewan peliharaan di rumah. Pastinya memiliki hewan peliharaan bukanlah sekedar dianggap sebagai mainan saja karena hewan merupakan makhluk hidup yang membutuhkan kasih sayang. Merawatnya semaksimal mungkin adalah salah satu cara untuk menunjukkan rasa kasih sayang kita terhadap hewan peliharaan di rumah. Pemberian minyak yang mengandung banyak manfaat secara rutin diharapkan bisa menjaga kesehatan hewan kesayangan dari berbagai jenis penyakit yang bisa mematikan misalnya kanker, gangguan ginjal dan sebagainya. Harga minyak ini tak terlalu mahal dan banyak di jual di toko online, toko kosmetik ataupun toko obat karena banyak manfaat yang bisa diberikan bukan hanya untuk hewan namun juga untuk manusia terlebih untuk anak-anak.

 

Iklan