Peralatan Snorkeling dan Diving yang Baiknya Kamu Punya!

kohlarn-2137021_960_720

Berenang di kolam biasa, di pantai, atau di laut, adalah jenis olahraga air yang banyak digemari. Olahraga air yang paling ngehits, adalah Snorkeling, atau juga diving. Pastinya keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Snorkeling bisa dilakukan di kedalaman dengan kategori tidak terlalu dalam, seperti di pinggir laut, yang menyajikan pemandangan terumbu karang indah serta dihiasi lalu-lalang beragam ikan-ikan kecil.  Sedangkan untuk diving biasanya membutuhkan tempat yang lebih ke dalam dan ke tengah laut, baru dapat menikmati indahnya biota bawah laut yang ada.

Nah, untuk mendukung hobi jalan-jalan di bawah laut, tentunya kamu memerlukan beberapa peralatan yang harus kamu gunakan. Sebenarnya tak harus beli, kadang di beberapa tempat wisata tersedia juga peralatan menyelam. Tapi bagi kamu si penggila laut, nampaknya kamu wajib mengoleksi satu-persatu peralatan sederhana untuk menyelam. Untuk peralatan snorkeling  dan peralatan diving juga mempunyai beberapa perbedaan masing-masing, walaupun pada dasarnya mempunyai peralatan yang sama seperti:

  1. Fins

Alat yang digunakan baik untuk snorkeling ataupun diving adalah fins, atau alat yang dipasang di kaki. Alat ini disebut juga kaki katak, yang berfungsi untuk membantu menggerakkan kaki lebih mudah di dalam air. Terlebih apabila digunakan untuk diving sehingga kaki tidak mudah capek dan dapat untuk membantu kekuatan mengayuh pada kaki ketika berada di bawah laut. Saranku, bijaklah memilih fins, karena salah memilih fins akan merusak terumbu karang yang ada. Jika kamu hanya melakukan snorkeling, mungkin menggunakan sepatu karet saja sudah cukup.

2. Mask

Merupakan alat kedua yang digunakan untuk snorkeling ataupun untuk diving. Alat ini biasanya dipasang di mata sebagai kacamata renang, akan tetapi bentuknya lebih besar dibandingkan kacamata renang biasa, sehingga dapat untuk melindungi mata dengan lebih baik ketika digunakan untuk menyelam dan berenang di bawah laut. Mask ini harus dipilih dengan benar, sehingga dapat melindungi mata dengan baik. Tips memilih mask adalah pilih yang rapat, agar tidak ada air yang masuk ke mata selama digunakan di dalam air.

3. Baju renang

Peralatan snorkeling dan diving yang terpenting selanjutnya adalah baju renang. Meskipun sebenarnya snorkeling dapat menggunakan baju biasa, namun sebaiknya menggunkan baju renang agar lebih nyaman digunakan di dalam air. Kamu bisa untuk memilih baju renang yang panjang sehingga dapat untuk melindungi kulit dan juga akan lebih nyaman digunakan.

Perbedaan antara snorkeling dan diving adalah pada snorkel, tabung oksigen, dan peralatan lengkapnya. Ketika diving, kamu akan berenang di bawah laut dengan kedalaman tertentu dan sulit mendapatkan udara, sehingga kamu wajib menggunakan tabung oksigen. Sedangkan ketika snorkeling, kamu cukup menggunakan snorkel. Alat ini digunakan di mulut dan menjadi tempat orang yang sedang snorkeling untuk bernafas seperti biasanya. Bagi kamu yang senang snorkeling akan lebih baik untuk membeli alat ini sendiri sehingga akan lebih bersih dan juga higienis dengan tidak bergantian dengan orang lain apabila menggunakan snorkel yang ada di peminjaman. Untuk mendapatkan snorkel tersebut juga cukup mudah dengan membelinya di toko online atau toko offline yang menyediakan alat olahraga air.

 

Iklan