Tahukah Kamu 7 Fungsi Keajaiban Kacamata?

Business and education idea concept background.

Sejatinya kacamata diciptakan untuk membantu penglihatan, melindungi mata, atau untuk sekedar bergaya. Tapi tahu gak sih ada berapa jenis kacamata yang dibedakan dari macam dan fungsinya?

Jadi, ada beberapa kacamata yang sengaja dibuat dengan fungsi khusus. Selain untuk memudahkan atau melindungi mata kita dari bahaya pada saat melakukan aktivitas yang mempunyai risiko melukai mata, ternyata ada kacamata yang sengaja diciptakan untuk keperluan pendidikan dan juga untuk kepentingan hiburan lho. Beberapa di antaranya mungkin sering kamu temukan di kehidupan sehari-hari, namun ada juga kacamata khusus yang sulit kita temukan atau perlu waktu khusus untuk memakainya. Mau tahu apa aja? yuk simak info berikut ini!

Pertama, ada Kacamata 3D dan 4D

Kacamata yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu, jika kamu sering menonton film yang mengharuskan kamu untuk memakai kacamata 3D atau 4D. Kacamata ini di ciptakan untuk membantu penonton menyaksikan film dengan format 3D atau 4D, dan pasti kamu juga tahu sensasi menggunakan kacamata ini kannnnn. Ketika kamu menonton menggunakan kacamata berdimensi khusus ini, kamu akan merasakan film yang kamu saksikan lebih nyata dan seperti kita masuk ke dalamnya.

Kedua, Kacamata Gerhana

Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang sangat strategis. Oleh karena itu Indonesia sering di lewati fenomena khusus dan langka seperti salah satunya Gerhana Matahari, dan untuk melihatnya kamu memerlukan kacamata khusus. Maka di desainlah kacamata khusus yang dapat digunakan untuk menyaksikan keindahan gerhana matahari. Jika di lihat menggunakan mata telanjang akan menimbulkan risiko dan berbahaya untuk mata lho.

Ketiga, Kacamata Malam Hari

Untuk beberapa orang yang sering beraktivitas dan bepergian malam sangat di anjurkan menggunakan kacamata ini. Apalagi jika kamu selalu mengemudikan kendaraan saat malam, karena kacamata ini dapat membantu kamu melihat dengan jelas di malam hari. Pada malam hari, biasanya kita sering terganggu dengan silaunya lampu kendaraan, dan kadang hal tersebut mengganggu penglihatan kita. Jadi kacamata ini penting banget nih buat dipakai mengemudi di malam hari.

Keempat, Kacamata Khusus Olahraga

Buat kamu yang suka berolahraga wajib menggunakan kacamata khusus, untuk mengurangi risiko kacamata jatuh saat berolahraga. Kacamata khusus ini sebenarnya memiliki fungsi yang biasa saja, namun bentuk dan framenya disesuaikan untuk kenyamanan kita saat berolahraga, dan juga memiliki tali khusus agar kacamata tetap menempel dan tidak jatuh saat berolahraga.

Kelima, Kacamata Anti Radiasi

Berjam-jam di depan komputer atau bermain smartphone akan membuat mata kamu lebih mudah lelah. Hal ini diakibatkan karena mata kamu terlalu fokus pada objek tertentu terlalu lama. Akan tetapi ada bahaya lain yang diakibatkan dari hal di atas, seperti misalnya radiasi elektromagnetik. Jika mata kita terkena paparan radiasi ini mata kita akan mudah lelah dan berisiko menambah minus. Sebaiknya kalau kamu sering beraktivitas di depan layar komputer atau smartphone, kamu juga menggunakan kacamata anti radiasi ini nih.

Keenam, Kacamata Penembak

Kaca mata ini biasanya digunakan untuk para atlet dan latihan satuan militer. Kacamata ini berguna untuk melindungi mata kamu dari cahaya berlebihan yang ditimbulkan oleh senjata api. Selain itu kacamata ini juga dapat mempertajam visual kamu saat menembak karena menggunakan lensa Polarized.

Ketujuh, Kacamata VR (Virtual Reality)

Jika kamu melihat seseorang beraktivitas aneh saat menggunakan peralatan mirip kacamata akan tetapi bentuknya besar dan menutupi seluruh mata, bisa di pastikan kamu sedang melihat kacamata VR. Kacamata ini memang diciptakan untuk melihat video dengan format 3D akan tetapi dan menggunakan perangkat smartphone sebagai layarnya. Kamu juga dapat bermain permainan khusus yang di ciptakan untuk kacamata VR ini lho. Sensasi dari menggunakan kacamata VR sangat membuat orang-orang ketagihan karena mudah dan dapat digunakan di mana saja. Namun sebenarnya kacamata VR ini memiliki dampak negatif jika kita memakainya di sembarangan tempat, karena akan berisiko jatuh atau terbentur benda di sekitar.

Jadi, kacamata mana yang pernah kamu pakai?

Beragam kacamata khusus diciptakan setiap tahunya, seiring dengan perkembangan zaman pastinya. Untuk kamu yang memiliki kegiatan atau pekerjaan yang mungkin berisiko buruk terhadap mata kamu, tidak ada salahnya untuk menggunakan kacamata khusus yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk jaga kesehatan mata kita!

Iklan