3 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

man-with-checking-car-engine_1150-1524

Produksi mobil baru yang muncul secara terus-menerus, membuat minat jual beli mobil bekas menurun. Hal ini akan membuat orang yang memiliki banyak uang menjadi lebih konsumtif dan menjual mobil lama untuk digantikan dengan mobil baru. Tentunya hal ini pun dimanfaatkan oleh  orang lain yang juga ingin membeli mobil namun dengan dana terbatas.

Mobil yang sudah pernah digunakan dijual kembali dengan harga yang lebih murah di bursa mobil bekas ataupun dijual sendiri secara langsung. Banyak cara untuk bisa menemukan penjual mobil bekas dan calon pembelinya. Namun diperlukan kehati-hatian, agar proses jual beli pun semakin aman dan nyaman bagi penjual dan pembeli. Untuk meminimalisir penipuan, berikut tips dan trik, dan beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk jual beli mobil lho!

Akan tetapi dari beberapa cara tersebut tak semuanya merupakan cara-cara yang aman dan nyaman baik untuk pembeli maupun penjual. Jika Anda ingin menjual atau membeli mobil bekas, maka pastikan cara yang Anda gunakan aman dan memperkecil bentuk penipuan. Berikut ini adalah beberapa tempat penjualan mobil bekas beserta tips dan triknya agar Anda bisa bertransaksi dengan aman.

 

  1. Bursa mobil bekas

Bursa mobil bekas merupakan tempat berkumpulnya mobil-mobil bekas yang akan dijual kembali. Karena banyak pilihan varian mobil di sana, banyak masyarakat lebih suka untuk mencari mobil bekas di tempat tersebut. Akan tetapi sering kali harga di bursa mobil bekas lebih mahal dibandingkan penjualan pribadi karena ada sewa tempat serta petugas yang berjaga untuk memberikan informasi bagi calon pembeli. Jika kamu ingin membeli mobil bekas di bursa mobil, sebaiknya terlebih dahulu melakukan survey harga mobil bekas secara online di situs jual beli online ataupun di koran. Banyaknya varian mobil yang ada, harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Di bursa mobil, biasanya sudah ada perusahaan leasing yang bisa membantu kamu jika ingin mengajukan permohonan kredit mobil.

 

2. Situs jual beli online

Sekarang ini kamu juga bisa melakukan jual beli mobil bekas via online di berbagai situs jual beli. Pencarian mobil sesuai dengan keinginan dan budget pun akan semakin mudah. Meski dipasarkan secara online, kamu tetap harus teliti soal kondisi mobil yang kamu incar. Pastinya kamu tetap harus memastikan kondisinya secara langsung. Hubungi penjual dan lakukan jadwal pertemuan untuk mengecek kondisi mobil. Kalau kamu gak ngerti-ngerti banget soal mesin mobil, sebaiknya kamu pun membawa teman yang lebih mengerti tentang mesin mobil untuk memastikan mobil yang akan kamu beli dalam keadaan baik. Jangan lupa untuk menanyakan surat kelengkapan beserta biaya pajaknya, agar menghindarkan kamu dari proses yang lebih berbelit.

 

3. Iklan koran

Di kolom iklan surat kabar, kamu akan menemukan banyak penawaran mobil bekas. Iklan tersebut bisa berasal dari perorangan langsung yang ingin menjual mobilnya, namun ada juga yang berasal dari pemilik showroom mobil bekas. Jika kamu tertarik dengan salah satu iklan, sebaiknya langsung menghubungi dan melakukan cek langsung ke lokasi. Sebisa mungkin membeli dari pemilik pertama atau yang sesuai dengan STNK maupun BPKB-nya ya, Guys!

Dimanapun dan cara apapun yang kamu pilih untuk bertransaksi jual beli mobil, pastikan kamu melakukan survey terlebih dahulu ya. Baik itu soal harga, maupun kualitas mobil yang akan kamu beli. Keuntungan lain dari survey pun kamu bisa melakukan negosiasi harga secara langsung dengan penjual setelah mengetahui kualitas mesinnya dong, haha. Nah biar gak menyesal, jangan ragu untuk membawa orang yang lebih mengerti mesin ya. Selamat mencoba, Manteman 🙂

Iklan