Sadari 6 Gejala Penyakit Ginjal, yang Bisa Terjadi Pada Kamu!

girl-1098612_1280

Penyakit ginjal merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada organ ginjal atau dua buah organ yang berbentuk seperti kacang merah dan terletak pada kedua sisi tubuh di bagian punggung bawah atau tepatnya berada di bawah tulang rusuk. Sakit ginjal  umumnya akan berpengaruh pada kinerja tubuh, yang mengharuskan kamu mencuci darah. Pengobatan pencucian darah mebjadi serangkaian proses filter limbah di maupun cairan berlebih di dalam tubuh, yang nantinya akan di produksi menjadi urin. Jika fungsi ginjal terganggu, sisa cairan atau limbah dari dalam tubuh akan menumpuk dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

 

Sakit ginjal dapat disebabkan dari beberapa faktor. Pada orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi, umumnya akan lebih rentan terkena gangguan pada organ ginjalnya. Beberapa jenis penyakit ginjal yang paling banyak terjadi dan menyerang manusia, antara lain:

1. Batu ginjal

Kondisi urin yang terlalu pekat dikarenakan garam dan mineral yang gagal di saring oleh ginjal, dan dapat didefinisikan sebagai batu ginjal atau orang lebih mengenalnya dengan sebutan kencing batu.

2. Infeksi ginjal

Penyakit ginjal yang satu ini terjadi karena bakteri yang terdapat di kandung kemih, yang menyebar ke area ginjal sehingga menimbulkan infeksi.

3. Ginjal polikistik

Merupakan sebuah penyakit keturunan yang disebabkan adanya kantung berisi cairan atau kista yang ada di dalam ginjal, dan umumnya berjumlah lebih dari satu.

4. Gagal ginjal akut

Ketika fungsi ginjal tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan bahkan secara tiba-tiba, maka kondisi tersebut dapat dikategorikan sebagai gagal ginjal akut yang dapat membahayakan nyawa penderitanya.

5. Penyakit ginjal kronis

Para penderita gagal ginjal kronis akan mengalami penurunan fungsi ginjal yang berlangsung selama tiga bulan dan terkadang tanpa gejala sama sekali sampai terjadinya stadium lanjutan, yang mulai akan timbul berbagai macam komplikasi yang serius.

 

Gejala penyakit ginjal akan berbeda-beda sesuai dengan penyakitnya. Beberapa jenis penyakit ginjal tidak memiliki tanda atau gejala sama sekali, namun beberapa gejala di bawah ini perlu kamu waspadai lho, karena dapat menjadi awal terjadinya salah satu penyakit ginjal yang mungkin sedang terjadi atau malah sudah berlangsung lama di dalam tubuh kamu, yaitu:

1. Adanya bengkak di area kaki maupun daerah sekitar mata.
2. Merasa mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan tanpa ada penyebab yang jelas sehingga memicu penurunan berat badan secara drastis.
3. Volume air urin yang berkurang dan frekuensi buang air kecil menjadi semakin jarang.
4. Sering merasa cepat lelah meskipun sudah merasa cukup istirahat dan terkadang terjadi sesak nafas di sertai kram otot terutama di bagian tungkai.
5. Pada penderita gagal ginjal yang sudah akut biasanya akan sering mengalami dehidrasi ringan sampai parah.
6. Penyakit ginjal yang mulai menyerang maupun sudah berlangsung lama di dalam tubuh juga dapat menyebabkan penderitanya menjadi susah tidur dan gangguan detak jantung yang tidak normal.

 

Tidak hanya menyerang orang dewasa saja, bahkan semua jenis penyakit ginjal dapat menyerang usia anak. Biasanya di tandai dengan mudah mengantuk dan tidak bersemangat, hingga akan menghambat perkembangan serta pertumbuhan anak. Oleh sebab itu, karena penyakit ginjal merupakan gangguan kesehatan yang sangat berbahaya, kamu harus segera memeriksakan diri maupun anggota keluarga ke dokter jika mendapati salah satu gejala seperti di atas ya. Jangan lupa untik selalu kontrol kadar gula dan tekanan darah di dalam tubuh sebagai antisipasi menghindari segala jenis penyakit ginjal yang dapat terjadi.

Iklan