8 Metode Pembayaran Online Bagi Si Cashless Society

job31-V221-Sasi-Creditcard

Cashless society saat ini sudah meraja-lela, hehehe. Sudah banyak orang yang memilih untuk mengempeskan dompetnya dari uang fisik, dan menggantinya dengan kartu atau alat bayar lain. Sadar atau tidak, teknologi yang semakin maju sudah menggeser uang kertas dan recehan berubah menjadi digital.

Cashless payment menjadi pilihan favorit karena gak perlu repot-repot pergi ke satu tempat untuk melakukan transaksi. Cukup buka aplikasinya menggunakan smartphone dan gunakan ujung jemari untuk melunasi pembayaran online, dan bereeeessss. Praktis, mudah, dan gak mengurangi waktu berharga kan 🙂

Nah sebagai angkatan yang hidup di era cashless society berjaya, kamu juga wajib tahu berbagai metode pembayaran online yang kini mulai dikenal dan dipakai masyarakat luas. Apa saja?

1. Kartu Kredit

20181106_215315

sumber: mykartukredit

 

Uang plastik, kira-kira seperti itulah pandangan masyarakat pada kartu kredit. Kartu sakti ini bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan pembayaran, dari toko fisik hingga mall online. Setiap transaksi akan memunculkan beban tagihan yang nantinya bisa dibayar di akhir bulan. Jadi kamu bisa belanja kapan aja tanpa membedakan tanggal tua dan tanggal muda lho.

 

2. PayPal

20181106_215325

sumber: pond5

 

PayPal adalah salah satu pelopor uang digital. Awalnya kamu harus membuat akun di situs resmi PayPal.com, kemudian mengisi nominal yang nantinya bisa digunakan untuk membeli barang. Begitu juga sebaliknya, akun PayPal kamu juga bisa menerima pembayaran orang lain yang membeli produk milikmu. Nantinya dana yang ada di PayPal bisa ditarik ke rekening bank milikmu.

 

3. Kartu Debit Online

20181106_215331

sumber: pinterest

 

Kartu debit sih biasanya cuma jago kandang, bisa dipakai di dalam negeri, tapi sulit diandalkan saat ke luar negeri. Begitu juga saat transaksi online, sering kali kartu debit ditolak oleh penjual luar negeri. Kalau ingin punya kartu debit luar negeri yang bisa digunakan di mana-mana, kamu bisa gunakan jasa kartu debit online. Salah satu caranya adalah dengan mendaftar di Payoneer.

 

4. Western Union

20181106_215336

sumber: westernunion

 

Bisa dibilang, Western Union adalah wesel kekinian. Bedanya, Western Union bisa mengirimkan uang dari berbagai sudut dunia secara real time, proses penarikan yang lebih cepat, dan tanpa batasan nominal. Beda dengan wesel yang dulunya membutuhkan waktu lama karena dikirimkan secara manual lewat pos.

 

5. Pulsa Telepon

smiling-young-woman-showing-smartphone_23-2147960664

Sekarang pulsa telepon pun juga bisa digunakan untuk pembayaran. Salah satu contohnya adalah untuk membeli aplikasi atau produk-produk in-app smartphone. Pastikan pulsa teleponmu mencukupi saat melakukan pembayaran karena nantinya akan dipotong sesuai dengan nominal pembelian.

 

6. Internet Banking

20181106_215349

sumber: plus.google

 

Untuk pembayaran secara online, tanpa melalui kartu kredit dan lain sebagainya, internet banking bisa kamu andalkan. Dengan menggunakan PIN dari token, kamu bisa melakukan pembayaran. Caranya memang kurang praktis, tapi proses pembayaran ini terbukti salah satu yang paling aman dibandingkan pembayaran online lainnya.

 

7. Transfer Bank

cash-machine_1155-6

Metode pembayaran online yang juga menjadi favorit orang banyak adalah transfer bank. Ada beberapa pilihan untuk melakukannya, yaitu lewat mesin Anjungan Tunai Mandiri. Setelah memilih pembayaran ini, pihak ‘penjual’ akan mengarahkanmu untuk mentransfer uang lewat mesin ATM dan menyelesaikan pembayaran yang sudah disetujui. Metode ini memang ‘kurang praktis’ bila dibandingkan dengan metode-metode lainnya. Tapi terbukti efektif dan aman karena langsung menghubungkanmu dengan pihak kedua.

 

8. Kartu Kredit Virtual

hand-businessman-workin-laptop-digital-marketing-media_18591-2500

Kartu kredit virtual tidak mewajibkan para penggunanya untuk mempunyai kartu fisik. Semua informasi akan tersimpan dengan aman di akun online kamu. Contoh dari kartu kredit virtual adalah PayLater Traveloka. Selain tidak mengharuskan penggunanya mempunyai kartu kredit, siapapun yang tinggal di Indonesia bisa mendaftar PayLater dengan sangat mudah.

Melalui PayLater, Traveloka akan memberikan pinjaman kredit tanpa kartu kredit hingga maksimal 10 juta Rupiah untuk liburanmu, yang nantinya bisa dicicil secara bertahap dari 2 hingga 12 bulan. Kamu bisa gunakan dana itu untuk memilih produk-produk dan layanan Traveloka, seperti tiket pesawat, kereta api, booking hotel, tiket masuk tempat wisata, dan lain-lain.

Proses verifikasi PayLater juga sangat mudah. Hanya butuh KTP dan beberapa dokumen pribadi lainnya untuk pengesahan. Cukup satu jam saja dan kamu akan dihubungi balik oleh pihak Traveloka. Dana yang sudah digunakan nantinya akan dibebankan pada tagihan bulanan. Untuk proses pembayarannya adalah dengan transfer bank atau via ATM (virtual account).

 

Metode-metode pembayaran di atas semakin sering digunakan di jaman cashless society sekarang ini. Bukan tidak mungkin, di masa mendatang akan ada cara-cara transaksi online yang lebih unik lagi seiring dengan teknologi yang terus berkembang.

Iklan