Mencintai Pekerjaan Itu Baik

 

 

Bangganya aku dapat kembali bekerja sesuai dengan passionsku. Ya, saat ini aku bekerja di Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), khususnya pada divisi Learning Hub. Sebenarnya ICJR adalah lembaga riset pembaharuan hukum pidana. Namun pada 2018 pertengahan dibuatlah divisi baru yang bernama Learning Hub. Kami bertugas untuk membuat pengembangan potensi diri seseorang. Sehingga kami menyediakan banyak training maupun diskusi yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas diri. Saat ini ICJR Learning Hub memiliki 5 layanan, yaitu: (1) public training, (2) public discussions, (3) public lecture, (4) PKPA, dan (5) in house training.

Public training adalah training atau pelatihan yang disajikan untuk masyarakat umum sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Biasanya harga training berkisar Rp 1.500.000,- hingga 3.555.000,- saat ini, dengan durasi training sekitar 7-8 jam. Mulai dari Agustus 2018, sudah ada 5 public training yang dibuat, yaitu:
1. Strategi Litigasi di Mahkamah Konstitusi
2. “Digital Forensic” untuk Komunitas Hukum
3. Pemahaman Aspek Hukum dan Pencegahan Terjadinya Kepailitan pada Perusahaan
4. Memahami Seluk Beluk PKWT, PKWTT, dan Perjanjian Kerja Outsourcing Serta Mekanisme Penyelesaian Sengketanya
5. Analisa Strategi Risiko Hukum Pada Penerapan Legal Due Diligence yang Efektif dan Efisien
dan pada 27 April 2019 nanti juga akan dilaksanakan Public Training dengan judul Perancangan Legal Drafting dan Penyusunan Gugatan Hukum, serta Strategi Negosiasi.

Public discussions adalah diskusi yang diperuntukkan bagi publik dengan tema-tema tertentu. Berbeda dengan public training yang harganya cukup mahal, jika public discussions harganya lebih terjangkau, yaitu sekitar Rp 200.000,- hingga Rp 500.000,- dengan durasi diskusi kurang lebih 3-4 jam saja. ICJR Learning Hub telah membuat 3 diskusi, yaitu:
1. Teknik Menulis dan Olah Verbal dalam Dunia Kerja
2. Regulasi Financial Technology (Fintech) dan Penerapannya
3. Mitigasi Risiko Pertanggungjawaban Pidana Korporasi
dan pada 27 April 2019 nanti juga akan dilaksanakan diskusi tentang Kerangka Dasar dan Aspek Teknis Online Single Submission.

Public lecture adalah pembahasan suatu isu yang diadakan langsung di Sekretariat ICJR, di Jl. Attahiriyah No. 29, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12510. Pembahasan ini sifatnya dibuka untuk umum, dan tidak dikenakan biaya registrasi. Sejak dibuka, 5 judul public lecture yang sudah terlaksana adalah:
1. Development of IPR Laws in Indonesia
2. Creating Legal Impact “The Power of Stories”
3. How to Write Effective Opinion in Media
4. Anti Bribery Management System: An Introduction for Dummies
5. Dampak Kriminalisasi Perilaku Beresiko HIV/AIDS Dalam RKUHP

PKPA atau Pendidikan Khusus Profesi Advokat adalah pendidikan yang dikhususkan untuk para sarjana hukum yang berkeinginan menjadi seorang advokat. Sebelum orang tersebut menjadi advokat, dia harus mengikuti serangkaian proses, salah satunya PKPA, kemudian dilanjutkan dengan Ujian Profesi Advokat (UPA), dan pengambilan sumpah. Tak hanya itu, seseorang yang ingin menjadi advokat pun harus sudah melalui proses magang selama 2 tahun, terhitung sejak lulus sarjana. Sejak berdiri, ICJR Learning Hub telah berhasil membuat 2 angkatan PKPA, yaitu pada Oktober-Desember 2018, dan pada Maret-April 2019. Setelah ini juga akan diadakan pendidikan angkatan ke-3 pada Juni-Juli 2019 lho 🙂 Jadi buat teman-teman yang membaca tulisanku ini, dan ingin menjadi advokat atau memiliki teman yang belum ikut pendidikan khusus ini, yuk segera daftar!

In house training adalah training yang diperuntukkan khusus untuk 1 instansi dengan tema tertentu. Jika pada kegiatan lainnya panitialah yang menawarkan training dengan judul sesuai dengan timeline yang sudah dijadwalkan, hal ini tidak terjadi pada in house training. Pada training ini, materi yang disampaikan adalah materi yang benar-benar sedang dibutuhkan oleh masing-masing instansi. Sehingga kapanpun dilaksanakannya, kami akan mengikuti jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak instansi terkait. Sayangnya memang in house training ini belum juga terlaksana. Salah satu penyebabnya ya belum dapat klien, hehehehe.

Harapanku dengan bergabung di sini adalah membesarkan nama ICJR Learning Hub tentunya. Kalau nama ICJR di kalangan orang-orang hukum sih memang sudah cukup besar, namun itu belum terjadi pada Learning Hub, ya wajar saja, wong baru seumur jagung hahaha..

Demi menyeimbangi visi misi Learning Hub, kami pun memiliki jargon yang tak kalah hebat lho! Connecting Knowledge. Dukunglah kami menjadi penyambung informasi dan pengetahuan yang baik kepada teman-teman semuanya 🙂 uhukkkk.. Eitsss atas visi misi itu, kami juga turut membagikan informasi dalam bentuk artikel lho, simak saja di sini. Gak hanya itu, akan ada 1 terobosan lagi yang yang akan kami sajikan, yaitu elearning. Tunggu tanggal mainnya yaa 🙂
Ohya satu lagi, kami juga membagikan publikasi hasil riset ICJR secara GRATIS lho!

Iklan