Lepaskan Penat Kepadatan Kota Bandung di Babakan Siliwangi

mushroom-3051519_960_720

Maksud hati ingin berlibur ke Bandung dan menikmati keramahan kotanya, apalah daya hampir semua penduduk Jakarta berpikiran hal yang sama, hahaha. Kebetulan aku sudah janjian dengan beberapa keluargaku dari luar kota, yang katanya sudah mendapatkan tiket Citilink untuk menghabiskan waktu di Bandung. Bandung memang tidak lagi sama seperti dulu. Kalau dulu, kondisinya tidak terlalu padat dan tidak terlalu macet. Kini setiap wisatawan harus pintar-pintar memutar untuk menyusun rencana, daerah Bandung mana yang tidak terlalu padat pengunjungnya.

Setelah cari beberapa referensi, akhirnya sampailah aku pada tujuan untuk ke Babakan Siliwangi. Tempat ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat berlibur, apalagi bersama keluarga. Berhubung aku sangat mencintai pemandangan hijau, tempat ini pun menyajikan hal serupa. Suasanya kembali kea lam akan terasa kuat ketika kita ada di sini.

Dulu, Babakan Siliwangi merupakan daerah persawahan yang lebih dikenal dengan sebutan Lebak Siliwangi. Pada jamannya daerah ini merupakan tempat persinggahan berbagai satwa untuk beristirahat dan minum sebelum melanjutkan perjalanannya. Seperti apa rupa Babakan Siliwangi jaman now? Hahaa kamu harus coba kesini lhooooo 🙂 dan kenapa kamu wajib banget kesini? Karena inilah 3 keuntungan Babakan Siliwangi yang wajib kamu nikmati!

  1. Salah Satu Ruang Terbuka Hijau di Bandung

Bandung memang masih asri dengan kerimbunan pepohonan besar di penjuru kotanya. Namun rasanya tidak sebanding ketika ingin berjalan-jalan tapi malah bertemu ribuan mobil yang memadati area wisatanya. Babakan Siliwangi sebenarnya merupakan taman kota yang ikut menghijaukan Bandung dan melengkapi koleksi taman seperti yang sudah digagas sebelumnya. Ada Teras Cikapundung, Skywalk Cihampelas, Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa, dan Taman Lansia. Lokasi Babakan Siliwangi sendiri dikenal sebagai sabuk hijau kota sejak jaman penjajahan Belanda.

 

  1. Koleksi Flora dan Fauna Babakan Siliwangi

Memiliki luas area sekitar 3,8 hektar, tidak heran taman ini bahkan menjadi penyangga paru-paru kota. Pada bulan September 2011, Babakan Siliwangi menyabet predikat hutan kota dunia dengan mencatatkan 48 jenis pohon dan menjadi habitat dari 24 jenis burung di dalamnya. Inilah lokasi pilihan warga Bandung untuk menikmati hijau alam dan riuh suara burung ditingkahi kemerisik daun dan serangga. Stress kena macet di Bandung, Babakan Siliwangi obat pereda yang mujarab buat siapa saja.

 

  1. Nikmati Babakan Siliwangi Lewat Forest Walknya

Siapa bilang berjalan-jalan di rindangnya pepohonan dan sepatu harus rela kotor terkena tanah becek? Babakan Siliwangi dilengkapi dengan forest walk yang cukup panjang membentang sampai 2 kilometer jauhnya. Selain untuk menikmati dan mempelajari koleksi pohonnya, forest walk bisa juga dipakai untuk olahraga jalan kaki dan jogging santai. Trek 2 kilometer lari keliling putar balik menjelajah Babakan Siliwangi pasti cukup kan untuk memeras keringatmu?

Pengunjung Babakan Siliwangi cukup banyak karena harga tiket masuknya tergolong murah lho. Karena kondisinya yang masih alam, kita pun harus tetap menjaga etika masing-masing, agar tidak mengganggu satu sama lain saat puncak kunjungan ke Babakan Siliwangi, dan juga tidak merusak habitat serta apapun yang ada di dalam paru-paru kota Bandung ini. Selain itu, tak perlu keluar uang mahal juga untuk membeli makanan, semua bisa berhemat dengan membawa makanan sendiri. Tapi jangan lupa membuang sampah di tempat yang sudah disediakan ya! Di tempat sampah lho, bukan di sembarang tempat ya 🙂

Iklan